Mencoba Bahasa Pemrograman Kotlin

⇒ Bahasa pemrograman Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains yang bersifat statis dan bisa digunakan untuk JVM, Android, Browser, dan Native. Bahasa pemrograman ini layak untuk dicoba karena dinilai singkat, aman, dan mendukung library dari bahasa pemrograman Java, serta lebih tool friendly.

⇒ Ada beberapa kelebihan dari bahasa pemrograman ini yang dapat menjadikan bahasa pemrograman ini resmi di Android.

Singkat

Menurut seorang Associate Mobile Developer di GO-JEK, Budi Oktavian Suryanto, Kotlin merupakan bahasa yang lebih sederhana dibanding Java. Deskripsi variabel yang sebelumnya bisa mencapai beberapa baris, dengan menggunakan Kotlin hanya menjadi satu baris saja.

Aman

 

Bahasa pemrograman Kotlin memiliki keunggulan dalam hal keamanan di mana terdapat cara untuk menangani sebuah bentuk error yang bernama Null Pointer Exception. Hal ini memungkinkan Kotlin memeriksa error tersebut pada saat compilation time, bukan pada saat run time seperti bahasa pemrograman yang lain.

Interoperable

Selain singkat dan aman, bahasa pemrograman ini telah mendukung library dari bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu, para developer tidak perlu ragu untuk mengubah sebuah produk lama yang dibuat dengan Java menjadi berbasi Kotlin.

Tool Friendly

Keunggulan lain selain yang disebutkan di atas yaitu bahasa pemrograman ini telah menghadirkan tool friendly berupa syntax, di mana tool ini dapat membantu developer agar tidak perlu lagi menghafalkan semua syntax tersebut.