Peringkat E-Government Berdasarkan Survey PBB

 

E-Government merupakan teknologi informasi yang digunakan oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan layanan untuk masyarakat. E-Government berkaitan dengan bisnis khususnya hal-hal yang berhubungan dengan pemerintahan. Beberapa aplikasi E-Government antara lain: aplikasi E-Government pada legislatif, yudikatif, administrasi publik, peningkatan efisiensi internal, dan penyampaian layanan publik.

Pada tahun 2016, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mempublikasikan peringkat E-Government Development Index (EGDI). Inggris, Australia, Republik Korea, Singapura dan Finlandia menduduki lima posisi teratas secara berturut-turut. Sedangkan Indonesia, berdasarkan survey yang sama menduduki peringkat 116, turun sepuluh peringkat dari hasil survey tahun 2014. Peringkat e-Government di Negara Asia Tenggara untuk peringkat 60 diduduki oleh Malaysia, peringkat 71 diduduki oleh Filipina, dan untuk peringkat 83 diduduki oleh Brunei Darussalam.

Nilai dari EGDI merupakan gambaran dari kondisi pengimplementasian E-Government apakah dengan menerapkan aplikasi E-Government aktivitas lembaga publik lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Berdasarkan peringkat dari hasil survey tersebut, peringkat EGDI untuk Indonesia masih harus ditingkatkan di tahun berikutnya. Indonesia memperbaiki peringkat E-Government dengan pembuatan aturan-aturan mengenai NG-CIO, pembuatan infrastrutkur data center pemerintah pusat, dan pembuatan standar aplikasi kebutuhan pelayanan publik.

 

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto