The Future of Jobs is DATA ANALYST

Menurut survei “The Future of Jobs” World Economic Forum (2016) pekerjaan yang paling paling dicari dan dibutuhkan dimasa mendatang adalah DATA ANALYST.
Berdasarkan jawaban para eksekutif perusahaan, profesi Data Analyst bertugas untuk mengamati data dan mencari pola dari data yang menunjukkan kondisi dari suatu perusahaan. Seorang Data Analyst harus mampu memeriksa data mentah untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

Data Analyst sudah sering kita kenal jauh sebelum teknologi Big Data. Semua aplikasi business intelligence, data mining dan data warehouse membutuhkan Data Analyst untuk menterjemahkan data. Data tersebut perlu di terjemahkan ke dalam kalimat yang dipahami oleh level top management. Sehingga diketahui misalnya apakah penjualan naik / turun berapa persen dan sebagainya tergantung dari jenis data yang dihasilkan.

Data Analyst terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

1.Analyst deskriptif adalah proses data analisis untuk mendapatkan gambaran umum dari data yang sudah dikumpulkan. Analyst deskriptif tidak menampilkan prediksi halaman apa yang akan dikunjungi pengunjung berikutnya atau kenapa seorang pengunjung mengunjungi suatu halaman.

2.Analyst prediktif adalah data analisis yang memberikan hasil prediksi tentang sesuatu yang akan datang. Dari data pengunjung dan pembelian, maka bisa diperkirakan barang apa saja yang pengunjung sekiranya tertarik untuk membeli.

3.Analyst preskriptif adalah proses analisi yang menghasilkan jawaban atas pertanyaan kenapa sesuatu akan terjadi serta memberikan saran terhadap kondisi yang kemungkinan akan terjadi dimasa yang akan datang. Karena kemampuannya inilah Analyst preskriptif sangat diperlukan oleh top-level manajemen dalam mengambil keputusan.

Nah, seseorang dengan profesi Data Analyst akan sangat diperlukan untuk menafsirkan data yang selanjutnya digunakan dalam pertimbangan pengambilan keputusan perusahaan. Sekarang, hampir semua data tersedia dalam format digital dan diperlukan seorang data analis untuk bisa membaca data yang besar.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto