Manfaat Mengikuti Perlombaan Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, kita perlu meningkatkan potensi diri kita dengan mengikuti kegiatan positif seperti perlombaan baik di bidang akademik maupun non-akademik. Perlombaan dapat diikuti di dalam maupiun di luar kampus. Dengan mengikuti perlombaan, mahasiswa akan mendapatkan banyak manfaat yang dapat menunjang karir di masa depan.

Beberapa manfaat mengikuti perlombaan bagi mahasiswa antara lain

1.Penggugur Kewajiban PKM

Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Informatika tentang PKM sebagai syarat kelulusan, PKM dapat digantikan dengan kegiatan lain yang setingkat Nasional baik bidang akademik maupun non-akademik.

2. Menambah Portofolio

Dengan mengikuti perlombaan, kita dapat menunjukan hasil karya yang dapat dicanttumkan di portofolio. Portofolio dapat membuktikan kepada seseorang bahwa kita memiliki ketrampilan dan pengalaman dalam suatu bidang.

3. Menambah Poin TAK

Transkip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK) merupakan suatu parameter penilaian keaktifan mahasiswa. Poin TAK salah satunya dapat didapatkan dengan mengikuti perlombaan.

4. Menambah Pengalaman

Dengan mengikuti berbagai perlombaa, maka pengalaman pun akan bertambah. Pengalaman yang banyak akan membuat mahasiswa lebih siap ketika memasuki dunia kerja.

5. Mendapat Reward atau Hadiah

Ketika memenangkan sebuah perlombaan, maka mahasiswa akan mendapatkan berbagai reward yang dapat berupa piala, medali, uang, dan lain sebagainya.

6. Konversi SKS atau Mata Kuliah

Mahasiswa peraih Juara 1/2/3 pada kompetesi/perlombaan yang diadakan oleh Belmawa atau Institusi resmi berbadan hukum yang diakui dapat dikonversikan pada mata kuliah yang relevan