Sejarah Sistem Informasi

Pertukaran informasi telah dilakukan sejak dahulu, pertukaran informasi dilakukan dengan cara menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal perkembangan sistem informasi bermula dari sini.
Ada empat era dlm perkembangan komunikasi dan informasi :

1.Periode Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol dan gambar untuk menyampaikan informasi. Bangsa Romawi kuno menciptakan sebuah simbol yang disebut ALFABET. Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka dan mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut ABAKUS.

2.Mekanik
Periode ini orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin yang menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

3.Elektromekanik
Periode ini telah diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948 yang disebut Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini merupakan awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

4.Elektronik
Periode ini Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) merupakan cikal bakal dari Internet yang digunakan sampai ini.
Setelah keempat era diatas, perkembangan teknologi berlangsung sangat cepat dengan ditemukannya sistem operasi UNIX, MAC, WINDOWS, LINUX, era Dot Com dan penemuan baru lainnya.