TOP 120 ANNOUNCEMENT INNOVILLAGE 2021

Innovillage merupakan kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital melalui kolaborasi PT Telkom Indonesia bersama Telkom University dengan mewadahi Perguruan Tinggi se-Indonesia dalam menggugah mahasiswa/i yang sedang di berada kampung halaman (selama pandemi Covid-19) untuk ikut terlibat langsung membantu memberikan solusi terhadap masalah-masalah sosial masyarakat desa mereka melalui inovasi-inovasi digital aplikatif yang dengan memiliki keterkaitan mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) sehingga tercipta kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur. Terutama dalam penanganan Pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan aturan Pemerintah Pusat atau Pemerintah daerah masing-masing.

Mengacu pada website official Innovillage 2021, syarat mengikuti Innovillage 2021 yaitu :

  1. Peserta merupakan Mahasiswa Aktif pogram S1/D3 mulai dari Semester 3 (tahun kedua) s/d Semester Akhir dan program studi S2/Magister mulai Semester 1 s/d Semester Akhir.
  2. Setiap Social Project terdiri dari 1 – 3 Mahasiswa, dan beranggotaan dari Perguruan Tinggi yang sama.
  3. Setiap Social Project didampingi oleh 1 (satu) Dosen Pendamping, dan setiap Dosen pendamping bisa mendampingi maksimal 10 (sepuluh) tim.
  4. Setiap Mahasiswa hanya dapat mendaftar dalam Satu Tim Social Project atau hanya dapat mengajukan satu proposal, baik sebagai ketua maupun anggota.
  5. Dalam setiap Tim Social Project diwajibkan terdapat minimal 1 (satu) mahasiswa yang berdomilisi saat ini di lokasi implementasi, atau dengan lain lokasi implementasi masih terjangkau jaraknya, tidak terlalu jauh dari tempat mahasiswa seperti harus melakukan perjalanan lintas daerah. (Download Format Surat Penyataan : https://bit.ly/Innovillage2021).
  6. Setiap Social Project diberikan kebebasan untuk menentukan Anggota Tim Social Project dan Dosen Pendamping.
  7. Ide inovasi yang diajukan merupakan karya mahasiswa sendiri/bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya serta saat ini tidak sedang mendapatkan pendanaan dari kegiatan lain dibuktikan dengan surat pernyataan. (Download Format Surat Penyataan : https://bit.ly/Innovillage2021)
  8. Diharapkan masing-masing tim melakukan observasi terlebih dahulu terhadap lokasi Social Project yang akan di implementasikan dan komunikasi bersama masyarakat atau pihak desa terkait.
  9. Harus memiliki unsur kemanfaatan untuk masyarakat, solusi digital, kolaborasi dan sustainable serta memiliki keterkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) mendorong terciptanya kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur. (Poin SDGs dapat dilihat di website)
  10. Kegiatan ini dapat diakui atau dikonversi menjadi nilai SKS untuk mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata) sesuai program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar dan akan mendapatkan Sertifikat bagi 120 Social Project terpilih dari Panitia Penyelengara. (konversi SKS disesuaikan dengan kebijakan masing-masing Perguruan Tinggi asal)
  11. Peserta diharuskan untuk mengunggah video awal melalui channel YouTube berdurasi 3-5 menit yang berisi rangkuman isu yang diangkat dan ide inovasi yang akan dilakukan. Judul video ditulis dengan format : INNOVILLAGE2021-Judul Ide Inovasi-Asal Kampus-Lokasi Wilayah. Hashtag #InnoVillage2021 #DigitalBikinKerenDesaku #SDGs
  12. Wajib melampirkan Surat Pengantar atau Rekomendasi dari Rektor/Kepala Perguruan Tinggi berasal, minimal setingkat Dekan Fakultas atau Kepala Program Studi. (format menyesuaikan dengan Perguruan Tinggi masing-masing)
  13. Melakukan registrasi melalui website www.innovillage.id dengan mengisi form yang telah disiapkan, melampirkan file proposal, surat rekomendasi dan link video. (jadwal registrasi dapat dilihat di website pada menu timeline)
  14. Mengingat saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 sehingga diwajibkan untuk pelaksanaan Social Project dan rangkaiannya harus selalu mematuhi protokol kesehatan dan aturan level pembatasan dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah daerah masing-masing.
Pada tanggal 6 Oktober 2021 pukul 14.00 WIB telah diumumkan Top 120 Innovillage 2021 melalui Zoom Meeting. 5 Tim dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto berhasil lolos dalam Top 120 Innovillage 2021 dan 3 Tim diantaranya merupakan tim dari Program Studi S1 Sistem Informasi. Berikut daftar tim ITTP yang lolos :
  1. Alifta Salma S, Eliana SM, Islamuna SQ
  2. Euralia TS, Ridlo Pangestu, Bernadheta DJS
  3. Ayu Silvia Fayza Apriliza, Dzakiyyah Al Kaazhim
  4. Ade Tiara Rosalinda, Fariha Rizky Ananda Puteri, Isnan Yunus Alhalim
  5. Agung Prayogo, Damiana Trivinita L Blolong, Bagus Bayu Sasongko

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto