Produk Mahasiswa S1 Sistem Informasi 2018 pada mata kuliah Sistem Kota Cerdas

Mata kuliah Sistem Kota Cerdas kini berbeda dalam mengembangakan sebuah metode pembelajaran yang telah ada sebelumnya, dimana dalam pembelajaran kali ini mahasiswa dapat menuangkan ide-ide meraka kedalam sebuah Prototype baik berupa prototype 3D maupun berupa Prototype system. Sehingga diharapkan mahasiswa mampu membayangkan tentang konsep Smart City di lingkungan sesungguhnya.

Berikut lampiran beberapa prototype produk Smart City beserta penjelasan singkatnnya :

Yuhu Smart Garden

Taman canggih merupakan alternatif tempat yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata rekreasi maupun edukasi yang berada di pusat kota, di Purwokerto, Banyumas. Taman Canggih memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. adapun fasilitas-fasilitas di taman canggih ini yang akan menjadi daya tarik para pengunjung seperti, akses internet gratis, kebersihan, keamanan, kenyamanan, dan transportasi umum yang sangat memadai.

E-klethikan

Sistem ini memudahkan para wisatawan untuk mengetahui informasi tentan ciri khas daerah dan kemudian dapat membelinya dengan mudah tanpa khawatir akan harganya yang tidak sesuai atau kualitas barang yang dibeli tidak bagus. Selain memudahkan para wisatawan, sistem ini juga diharapkan dapat memberi keuntungan bagi para penjual oleh-oleh dari suatu tempat wisata yangt didatangi wisatawan.

Smart Parking

Sistem ini dapat membantu pengunjung yang merasa kesulitan dalam mencari tempat parkir kosong, apalagi jika dihadapkan pada lahan parkir yang sempit, dan bisa memarkirkan kendaraannya dengan rapi. Selain itu, sistem Smart parking ini juga dapat menjadi pengingat para pengunjung yang lupa dimana mereka memarkirkan kendaraannya.

Purwokerto Smart Tourism

Sistem ini memudahkan calon wisatawan maupun dari pihak objek wisata yang menampilkan beberapa menu seperti maps, akses, kebersihan, dan tour guide.

Run-Vest

Run-Vest merupakan suatu mesin yang memproses sampah menjadi produk yang lebih bernilai dan bermanfaat. Cara kerja dari Run-Vest cukup mudah digunakan untuk berbagai kalangan, hanya dengan memasukan sampah kedalam mesin “Run-Vest” dimana dalam mesin tersebut disediakan duaa tempat untuk sampah organik dan non-organik , setelah itu mesin akan menampilkan informasi dan mengeluarkan koin berdasarkan banyaknya sampah yang di investasikan. Dari koin tersenbut dapat ditukar dengan uang sesuai jumlah koin yang dihasilkan.

Smart Drinking Machine

Smart Drinking Machine untuk mengisi botol minum yang telah kita bawa sehingga kita dapat mengurangi penggunaan botol plastik sekaligus pada mesin tersebut tertera barcode yang terhubung dengan sebuah website yang dapat memudahkan masyarakat untuk membeli dan membayar minuman tersebut hanya dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi pada ponsel genggam.

Oleh-Oleh

Aplikasi ini membantu para wisatawan untuk mengetahui informasi yang lengkap mengenai tempat pusat oleh-oleh. para pemilik UKM menginputkan informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan produk oleh-oleh yang mereka jual, sehingga dapat dikemas kedalam bentuk aplikasi pusat oleh-oleh agar lebih interaktif , komunikatif, dan juga efisien. maka dari itu dengan hadirnya sistem aplikasi ini diharapkan daapat membantu UKM kecil yang menyediakan makanan ciri khas dapat lebih dikenal oleh wisatawan.

Sampahku

Sistem penampungan sampah yang dapat diolah menjadi barang yang memiliki harga (nonorganik) dan diproses untuk dijadikan pupuk (orgnik).

Urban Water System

Urban water System ini sebagai sebuah bentuk penyelesaian masalah air bersih khususnya di area perkotaan. Salah satu faktor yang membuat Urban Water System ini dirancang adalah sistem tap water atau fasilitas air yang dapat langsung diminum yang akan diletakan di lokasi-lokasi keramain dan tempat umum seperti taman kota, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya tap water ini masyarakat akan mengurangi konsumsi air mineral kemasan yang akan menimbulkan masalah sampah plastik dan mencemari lingkungan.

E-Laper

Sistem untuk mempermudah masyarakat maupun wisatawan dalam hal mencari makanan yang ada di Purwokerto, khususnya wisatawan atau pendatang yang baru saja datang. Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat maupun wisatawan lebih memilih makanan instan maupun cepat saji.

Sopojarwo

Aplikasi yang memudahkan para pelaku bisnis UMKM rumahan yang ada ddi daerah Purwokerto untuk lebih mengenal sistem yang memudahkan para pelancong untuk membeli buah tangn khsa Purwokerto. Selain itu, dapat memasukan jenis-jenis produknya kedalam aplikasi tersebut. Pembayarannya juga sudah menggunakan perhitungan sistem komputerisasi yang dapat memudahkan dalam pembayaran, efisiensi waktu, tepat dalam perhitungannya, serta terjaga keamanan datanya.

Be-Craft

Aplikasi ini membantu masyarakat mengetahui informasi barang sebelum membelinya, user dapat mencari informasi produk, harga produk, dan toko terkait. user hanya perlu membuka aplikasi dan mencari barang yang dicarinya lalu mensurvei harga, mengetahui bahan kerajinan tersebut dan toko yang menjual kerajinan tersebut.

Dunia Baca

Sistem ini memiiki beberapa fitur yaitu lokasi tempat baca daftar buku yang tersedia dan juga terdapat fitur untuk menyumbangkan buku bagi para pengunjung yang ingin menyumbangkan bukunya. Tujuan sistem ini dibuat adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat indonesia terutama di Banyumas selain itu juga menciptakan tempat bacaan yang baru untuk pengembangan kota yang baru. Sistem “Dunia Baca” dapat membantu masyarakat yang ingin mencari lokasi taman baca yang ada, serta memudahkan masyarakat untuk mencari buku yang diinginkan di taman baca yang dibuat dengan aplikasi ini.

Pesanbae

Sistem ini dapat mempermudah dari aspek manajemen pelayanan, atau bahkan pembayaran tanpa harus pengguna layanan beranjak dari kursi untuk melakukan pemesanan, sehingga meningkatkan jumlah pengunjung di alun-alun Purwokerto dan memudahkan customer dalam hal pembelian.

Smart Health Map

SMART HEALTH MAP membantu masyarakat mencari lokasi rumah sakit yang dituju ataupun hanya perlu mencari dokter yang diinginkan berhubung kebanyakan dokter melakukan praktik di banyak rumah sakit.

Telkomedika

Sistem ini dapat memudahkan civitas akademika dalam mengkonsuktasikan kondidsi kesehatan yang dialami pada klinik Telkomedika. Sistem ini terdapat beberapa fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam mengkonsultasikan terkait keluhan atau gangguan kesehatan yang dialami secara praktis tanpa perlu berjalan ke klinik terlebih dahulu.

E-Trash Mart

E-Trash Makp untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui harga sampah yang ingin dijual, mengetahui saldo tabungan, mengetahui informasi anggota nasabah itu sendiri, seperti tanggal menjual sampah, jenis sampah yang dijual, total sampah dan total uang yang akan diterima oleh nasabah, E-Trash Mart juga dapat memberi tahu lokasi bank sampah terdekat dari lokasi nasabah untuk menyetorkan sampah secara langsung atau dengan cara penjemputan sampah terjadwal.

Business Analysis

Aplikasi ini ditujukan untuk warga Banyumas yang ingin melakukan konsultasi bisnis, atau untuk orang yang baru ingin merancang sebuah bisnis yang belum mengerti dunia bisnis sebelumnya. Saat seseorang wirausaha itu ingin melakukan konsultasi bisnis pada analisis bisnis maka wirausaha itu harus melakukan perjanjian dan pembayaran kepada aplikasi penyedia layanan ini. Seorang calon wirausaha akan mendapatkan pemahaman tentang bisnis, ide-ide yang akan dijalankan, solusi bisnis, rekomendasi lokasi, dan bisa juga mendapatkan modal usaha.

AnaKost

Sistem ini akan mempermudah para mahasiswa, perantau, maupun masyarakat umum yang membutuhkan informasi mengenai ketersediaan tempat tinggal sistem ini akan memuat hal-hal tersebut. pengguna dapat langsung berinteraksi dengan penyedia jasa tempat tinggal yang dimuat dalam sistem ini.

Bams Emergency

Bams Emergency adalah sebuah sistem aplikasi yang didalamnya terdapat sistem untuk memanggil/menginformasikan masalah yang ada kepada pihak yang bersangkutan, seperti pihak kebersihan, pihak kepolisian setempat, kesehatan (ambulan), dan pemadam kebakaran.

Banyumas Smart Traffic

Aplikasi ini merupakan sistem pengendalian persimpangan yang terintegrasi yang disebut sistem ATCS. ATCS (Area Traffic Control System) adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada susatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. sistem utama yang digunakan ATCS diantaranya Server/workstation, wall map, local controller (pengontrol persimpangan), video surveillance (CCTV), vehicle detector dan e-tilang.

Lapor Banyumas

Sistem ini mempermudah para mahasiswa, perantau, maupun masyarakat umum yang membutuhkan informasi mengenai ketersediaan pelayanan masyarakat seperti pelayanan rumah sakit, kantor polisi serta pemadam kebakaran.

B-Smart Card

b-Smart card adalah singkatan dari Banyumas smart card, yaitu sebuah sistem yang berbasis tiket yang dapat melakukan pembelian tiket lokal wisata, pembayaran pakir dan pembayaran trans jateng sekitar daerah Banyumas. Keunggulan dari teknologi b-Smart card adalah fleksibilitasnya yang tinggi, dapat digunakan untuk kebutuhan kita sehari-hari seperti lebih mudah dalam melakukan pembayaran parkir dan trans jateng.

Smart Trash Bin

Smart Trash Bin adalah sebuah sistem Tempat sampah pintar menggunakan teknologi canggih , dimana masyarakat mendapatkan uang jika membuang sampah ke tempat sampah tersebut. Tujuan dari smart Trash Bin adalah agar penduduk Banyumas sadar akan membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga lingkungan lebih bersih dan sehat. Sistem kerjanya jikalau tempat sampah yang di bawah sudah penuh maka Smart Trash Bin akan mengirimkan Sinyal ke petugas untuk mengambil sampah-sampah yang sudah penuh di dalam tanah dengan menggunakan truk sampah. Teknologi baru ini dapat memberikan dan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah kota dalam menanggulangi sampah. Di sisi lain, masyarakat juga akan merasa senang karena adanya penukaran sampah menjadi uang.