Kuliah Umum Management Layanan TI 2019

Pada tanggal 3 Januari 2020 pukul 13.00 telah diadakan kuliah umum Manajemen Layanan TI yang diampu oleh Ibu Sarah Astiti. Kuliah umum ini berisi tentang pematerian seputar framework ITIL V3 yang disampaikan oleh salah satu dosen Sistem Informasi, Bapak Didi Supriyadi S.T.,M.T. ITIL.
Perkuliahan umum ini juga dihadiri oleh Dosen Prodi Sistem Informasi, yaitu Ibu Dwi Mustika S.T.,M.kom yang memberi sambutan hangat terkait acara tersebut.

Tujuan diadakannya kuliah umum ini yaitu sebagai wadah atau bekal dalam menjalankan Audit diberbagai studi kasus pada berbagai instansi daerah terkait 5 Proses ITIL tersebut. Materi yang diajarkan berisikan penjelasan tentang Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan TI Menggunakan ITIL V.3. Yang kemudian didalamnya diterangkan penjelasan mengenai cara melakukan audit layanan IT sesuai dengan standar ITIL.

Mahasiswa/i mempelajari sejarah ITIL dan tingkat layanan mulai dari level 0 sampai dengan level 4 yang akan membantu mahasiswa/i dalam menentukan tingkat layanan tersebut telah sampai di level mana. Selanjutnya dalam mahasiswa/i diberikan pengajaran tentang cara memilih pertanyaan yang akan dipersiapkan dalam proses audit. Dan sebelum menentukan pertanyaan tersebut mahasiswa/i diharapkan mampu menganalisis proses bisnis, visi misi, serta SOP dan katalog aplikasi di dalam organisasi tersebut. Pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya akan diisi oleh responden yang berasal dari masing-masing unit di suatu organisasi. Kemudian, acara kuliah tamu ini juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab secara langsung.

Dan pada sesi terakhir adalah perwakilan dari mahasiswa akan melakukan praktik langsung terkait bagaimana cara untuk menganalisis hasil dari penelitian dengan menggunakan metode pengisian questioner.