SEMINAR NASIONAL TECHNOPRENEURSHIP 2019

Sabtu, 23 November 2019 Program Studi S1 Sistem Informasi menyelenggarakan acara Seminar Nasional Technopreneurship dengan tema Strategi Technopreneurship untuk Menghadapi Industri 4.0 yang bertujuan untuk memperkenalkan technopreneurship, memberikan pengetahuan tentang cara memaksimalkan teknologi kepada mahasiswa dan masyarakat luas, serta mengedukasi peserta bagaimana cara menjadi technopreneur di era industri 4.0.

Dengan tagline Be a Smart, Innovation Young with Technology and Business kami berharap Seminar Nasional ini dapat memberi manfaat dan pengetahuan yang luas mengenai dunia entrepreneur bagi generasi penerus bangsa agar kelak dimasa yang akan datang menjadi seorang yang visioner dan mampu menciptakan lapangan kerja bukan pelamar pekerjaan dan tentunya menjadi pengusaha yang sukses.

Acara Seminar Nasional ini dipandu oleh 2 Mahasiswa IT Telkom Purwokerto yaitu Ainun Besari dan Ahmad Fahrizal Ramadhan. Kegiatan pertama dalam Seminar Nasional ini yaitu Sambutan dari Ketua Pelaksana, Jihan Kumala. Sambutan Kaprodi S1 Sistem Informasi, Ibu Sisilia Thya Safitri, S.T., M.T. Sambutan dari Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Bapak Didi Supriyadi, S.T., M.Kom, sekaligus membuka Acara Seminar Nasional Technopreneurship yang kemudian langsung dirayakan dengan Tarian Tradisional Gambyong oleh Hanifah Septianingrum dan Mellinevia Mahera anggota dari Telcomotion.

Dalam Acara Seminar Nasional juga ada Presentasi dari ke3 finalis Bawor Business Plan Competition yang diadakan dalam rangka Dies Natalies Program Studi S1 Sistem Informasi. Presentasi pertama yaitu Tim Locado dari Institut Teknologi Bandung, yang membuat aplikasi game pariwisata. Presentasi kedua Tim Lets go climb dari IT Telkom Purwokerto membuat Website yang berisi jasa mengcover perjalanan naik gunung yang aman. Presentasi ketiga Tim Mamam Nasi menyediakan sistem informasi tentang WO berbasis aplikasi yang memudahkan klient menyesuaikan keinginan dan budget yang dimiliki menggunakan menu filter.
Setelah presentasi maka langsung diumumkan pemenang dan penyerahan hadiah pemenang. Juara 1 yaitu dari Tim Locado, juara 2 dari Tim Lets Go Climb, dan juara 3 dari Tim Mamam Nasi.

Kegiatan inti yang pertama yaitu Seminar oleh Bapak Bayu Lukman Yusuf, S.Kom. CEO dan Founder dari Beceer dengan tema Create a bussiness to solve social problems using infomation technology. Dengan dipandu oleh moderator Hari Widi Utomo, S.Pd., M.Ed., Bapak Bayu Lukman melakukan Sharing pengalaman cara membangun startup dari nol, dengan melihat permasalahan yang ada di masyarakat, Sharing cara membuat perizinan startup baru, dan Sharing bagaimana cara mengelola startup supaya tetap eksis di era industri 4.0

Kegiatan selanjutnya yaitu Hiburan dari Ganador Band Mahasiswa IT Telkom Purwokerto yang menyanyikan 2 buah lagu.
Setelah melakukan Ishoma dan mengunjungi Stand Makanan yang ada di halaman Gedung Kesenian Soeteja dilanjutkan dengan hiburan kedua yaitu Modern Dance dari Ineffable Crew.

Dilanjutkan dengan seminar pembicara kedua, yaitu Bapak Eko Rahayu, S.T. dari Bandung Techno Park dengan tema How to be a Successful Technopreneurs in Industry 4.0. Dengan dipandu oleh moderator, Bapak Eko Rahayu membahas materi tentang cara membangun startup dari nol, dengan melihat permasalahan yang ada di masyarakat, cara membuat perizinan startup baru yang tepat, kiat sukses membuat startup yang berskala Nasional hingga Internasional, peran inkubator bagi perkembangan startup baru di Institut Teknologi Telkom Purwokerto, dan Peluang stratup di era industri 4.0.