Keterampilan Manajer Media Sosial

๐ŸŒ Popularitas media sosisal yang tinggi, membuatnya berharga untuk membantu perusahaan meraih pengguna dalam jumlah besar. Namun tujuan tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya peran seorang manajer media sosial. Manajer media sosial merupakan jabatan yang sekilas terdengar mudah, tapi sebenarnya memerlukan beberapa keterampilan yang kreatif seperti berikut.

๐ŸŒ Dapat membuat konten yang menarik

Salah satu tugas manajer media sosial yaitu membuat konten. Konten dalam media sosial terbagi menjadi tiga bentuk utama, yaitu teks, gambar, dan video. Karena itu, seorang manajer media sosial harus memiliki kemampuan dasar yang baik agar konten yang dibuat, misalnya seperti gambar atau video, tidak melulu berurusan dengan desainer, sehingga manajer media sosial juga dapat membuat konten multimedianya sendiri.

๐ŸŒ Dapat mengikuti tren

Popularitas sebuah konten media sosial sangat terpengaruh oleh tren, sehingga seorang manajer media sosial harus dapat mengikuti berita, tren, atau hashtag popular dan mengidentifikasi reaksi masyarakat terhadap hal tersebut, kemudian dimanfaatkan sebagai materi promosi sebuah konten.

๐ŸŒ Dapat melakukan analisis dan perencanaan

Perilaku pengguna media sosial berdampak besar pada keberhasilan promosi, karena itu manajer media sosial harus mampu menganalisis hal seperti ini untuk membuat rencana promosi yang efektif.

๐ŸŒ Dapat berkomunikasi dan bekerja sama

Seorang manajer sosial harus paham bagaimana cara membangun hubungan yang baik dengan suatu komunitas. Tidak hanya melalui konten, namun juga melalui interaksi secara online atau offline. Selain itu, kemampuan berpikir yang tenang dan pengetahuan yang baik tentang konten yang disajikan juga menjadi modal yang penting bagi manajer media sosial.

๐ŸŒ Memiliki rekam jejak yang terpercaya

Jika seseorang akan merekrut manajer media sosial, maka alangkah lebih baik jika melihat rekam jejak yang sudah ada. Seorang manajer media sosial yang baik tentu tidak akan memiliki rekam jejak apabila pernah diberhentikan dari jabatan tersebut karena membuat masalah pada perusahaan lain