Hal yang Kerap Diabaikan Founder Startup dalam Membangun Bisnis

Dalam membangun startup ada banyak hal yang perlu diperhatikan namun, ada juga hal penting yang justru terlewatkan. Dibawah ini, ada beberapa contoh hal yang biasa terlewatkan oleh startup dalam membangun bisnis.

✒Tidak memiliki rancangan bisnis

Rancangan bisnis akan membuat kalian fokus dalam tujuan dan menetapkan tenggat waktu dalam mencapainya. Rancangan bisnis diperlukan untuk mengetahui parameter dalam bekerja seperti strategi bisnis, tujuan, jenis keuangan yang dibutuhkan serta proyeksi penjualan.

✒Memikirkan semuanya sendiri

Pada saat bisnisnya mulai besar, seorang founder harus memberikan kepercayaan kepada rekan kerja ataupun staf yang memiliki andil agar dapat membantunya dalam mengatasi permasalahan agar fokus dalam bisnisnya tidak terbagi.

✒Tidak mempersiapkan kegagalan

Seorang founder harus mempunyai rencana yang matang untuk jangka pendek maupun jangka panjang guna mempersiapkan masa depan startup dengan baik.

✒Menyepelekan hal kecil

Salah satu hal terpenting dalam membangun bisnis ialah memperhatikan hal kecil sebelum terjadinya krisis. Masalah besar tidak akan terjadi jika masalah kecil diselesaikan dengan baik.

✒Berlebihan dalam menangani masalah

Ketika terjadi kesalahan, biasanya founder akan menyelesaikan masalah yang ada hingga tidak muncul lagi ke permukaan. Hal tersebut baik, namun harus berdasarkan berbagai pertimbangan dan mencari akar masalah sehingga bisa terselesaikan bukan justru menciptakan masalah lanjutan.

✒Tidak memiliki tujuan yang sama

Dalam membangun bisnis diperlukan kesadaran bagi setiap orang di dalam perusahaan dalam menyelesaikan tanggung jawab yang terkait dengan pekerjaan. Jika hal tersebut tidak berjalan, tidak mengherankan bila perusahaan berpotensi terjun pada keterpurukan.

✒Kehilangan fokus

Ketika bisnis telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, tentu banyak tawaran menggoda dari luar yang berdatangan. Saat berada dalam fase ini founder harus memastikan bahwa hal tersebut sesuai dengan landasan bisnis yang dibangun.