Sukses Tak Cukup Hanya Mengejar Passion

Untuk mencapai kesuksesan, mengejar passion merupakan salah satu saran yang buruk. Daripada mengejar passion, mengejar effort (usaha) jauh lebih baik. Namun hal tersebut belum tentu dapat diaplikasikan dalam semua kondisi. Ada beberapa alasan mengapa passion tidak menentukan kesuksesan.

Passion belum tentu sejalan dengan keahlian

Passion yang ada pada diri seseorang belum tentu sama dengan keahlian yang dimiliki. Mungkin saja jika memiliki minat pada banyak hal, tetapi usaha dan waktu yang didedikasikan pada minat tersebut belum tentu setara. Karena itu janganlah kejar apa yang hanya disukai, tetapi kejarlah sesuatu yang dapat memotivasi untuk menghabiskan waktu dan usaha untuk melakukannya terus menerus.

Dalam kehidupan terdapat faktor X

Meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin, terkadang ada faktor internal yang tidak bisa dikendalikan, bahkan bisa jadi susah dijelaskan. Seperti usaha seseorang yang sama dengan usaha orang lain. Dengan tingkat usaha yang sama, peluang untuk kesuksesan belum tentu sama. Belum lagi pengaruh dari faktor eksternal seperti keberuntungan ataupun kondisi geografis di sekitar.

Pengaruh bakat lebih kecil di aktivitas mental

Berbicara tentang aktivitas mental, maka peranan bakat punya porsi yang lebih kecil. Ini karena apa yang sebenarnya disebut bakat merupakan hasil dari suatu aktivitas latihan, baik yang disengaja maupun tidak. Latihan yang baik adalah latihan yang dapat memperbaiki kekurangan yang dimiliki. Seseorang yang dapat mendedikasikan waktunya untuk berlatih suatu hal, maka pasti akan meraih kesuksesan.

Passion tidak sesederhana kata-kata motivasi

Kehidupan manusia merupakan hal yang kompleks. Mengejar passion tidaklah salah, tetapi jangan samakan passion dengan hobi atau kesenangan. Tetapi alangkah lebih baik jika mengkombinasikan hal yang disukai dengan meningkatkan keahlian diri, ditambah dengan mengenali faktor x, akan menghasilkan jalan hidup yang dapat ditekuni tanpa keraguan dan tanpa perasaan menyesal, karena passion tidak sesederhana kata-kata motivasi.