Tahapan Bisnis dalam Era E-Commerce

Pada era e-commerce seperti sekarang ini, pebisnis harus memperhatikan tahapan penting seperti kecepatan akses situs web, ketersediaan barang, kecepatan pengiriman, biaya yang murah, dan layanan yang diberikan. Namun, ada juga beberapa tahapan bisnis yang perlu diperhatikan oleh seorang pebisnis. Apa saja tahapan-tahapan tersebut?

1.Melakukan survey awal

Ini merupakan tahapan pertama, di mana pebisnis khususnya pebisnis online harus bisa memberikan informasi yang jelas tentang produknya. Jika menggunakan situs web, kecepatan dalam mengakses situs tersebut harus benar-benar cepat, jika tidak maka akan ditinggalkan konsumen. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi presentase kunjungan konsumen ke situs tersebut.

2.Melakukan survey lanjutan

Tahap ini merupakan tahap lanjutan tahap awal. Pada tahap ini, pebisnis lebih menekankan pada kecepatan loading suatu situs web sebuah toko online. Jika situs toko online tersebut mampu meningkatkan kecepatan loading meskipun hanya satu detik saja, maka akan bisa meningkatkan presentasi sebesar kurang lebih tujuh persen. Selain loading situs web, ketersedian sebuah produk pada situs tersebut juga dapat mempengaruhi presentase konsumen.

3.Memperhatikan proses pembelian produk

Tahap ini merupakan tahap yang membahas bagaimana pengalaman konsumen ketika berbelanja secara online. Pengalaman tersebut bisa berupa pengalaman tidak mendapatkan barang yang diinginkan karena ketidaktersediaannya sebuah barang, ketersediaan berbagai pilihan pembayaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut dapat dimaksimalkan, maka bisa meningkatkan presentasi sebesar lima persen.

4.Memperhatikan proses pengiriman produk

Pada tahap keempat ini, pebisnis online harus memperhatikan kecepatan pengiriman produknya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan layanan pengiriman barang. Selain itu, pebisnis harus memperhatikan biaya transaksi. Kebanyakan konsumen lebih menyukai pengiriman produk yang cepat dengan biaya yang murah.

5.Memperhatikan strategi layanan

Ini merupakan tahapan terakhir. Pada tahap ini, pebisnis harus lebih memperhatikan strategi bisnis yang digunakan agar konsumen tertarik untuk berbelanja kembali pada situs web tersebut. Hal ini tentu bergantung pada kreativitas pebisnis itu sendiri. Pebisnis harus lebih kreatif untuk mempromosikan produknya dengan tetap memberikan kesan yang bagus kepada konsumen.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto