Perbedaan E-Commerce dan E-Business

 

?️‍♀️ E-commerce dan e-business memiliki awalan yang sama yaitu “E” yang memiliki arti elektronik. Maksud dari elektronik tersebut merupakan aktivitas transaksi yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau digital. E-commerce dan e-business juga memiliki tujuan utama yang sama, yaitu untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan. E-commerce serta e-business merupakan salah satu terobosan yang digunakan untuk mendongkrak penjualan melalui pemasaran dan sebagai sarana untuk mempromosikan produk berbasis online.
?️‍♀️ Walaupun memiliki beberapa kesamaan, tetapi e-business dan e-commerce memiliki beberapa perbedaan. Berdasarkan pengertiannya e-commerce merupakan pemanfaatan jaringan internet untuk proses jual-beli, penggantian produk dan pelayanan. Dengan kata lain, e-commerce merupakan transaksi bisnis yang meliputi transfer maupun serahterima kepemilikan hak atas suatu barang atau jasa dengan menggunakan internet. Transaksi bisnis yang dimaksud meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet. Pada prinsipnya, e-commerce melibatkan transaksi uang sedangkan dalam e-business, tidak melibatkan transaksi uang.
?️‍♀️ Jika dilihat dari teknisnya, e-commerce merupakan bagian dari e-business. Hal tersebut dapat dilihat dari pengertian e-business itu sendiri. E-business merupakan semua transaksi yang terjadi di dalam bisnis online, transaksi tersebut meliputi penjualan langsung ke konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, interaksi yang dilakukan dengan mitra bisnis. Dengan kata lain, e-business merupakan aktivitas dalam menjalin relasi dengan konsumen dan pertukaran data dalam satu perusahaan dengan memanfaatkan jaringan internet. E-business bisa juga disebut sebagai perluasan e-commerce, karena di dalamnya tidak hanya melakukan pembelian dan pembayaran barang, tetapi juga pelayanan konsumen, sehingga dapat diartikan juga sebagai kolaborasi dengan konsumen dengan menggunakan elektronik sebagai alat transaksinya.
?️‍♀️ Selain itu, perbedaan yang mendasar adalah dalam transaksinya, e-commerce berorientasi pada transaksi perolehan uang yang melibatkan pertukaran uang. Sedangkan e-business, berorientasi pada kepentingan dalam jangka panjang yang bersifat abstrak (misal kepercayaan dan pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, serta penanganan kasus sosial lainnya) dan juga semua aspek dalam berbisnis yang di dalamnya termasuk perancangan dan pemasaran produk, manajemen pemasok, dan lain sebagainya.
?️‍♀️ Saat ini masyarakat melakukan e-commerce dan e-business secara bersamaan karena e-commerce merupakan bagian yang tidak terpisah dari proses e-business. Hal tersebut dapat diterapkan dalam kerangka tertentu, misalkan dalam aktivitas jual beli.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto