Cloud Enterprise Resource Planning (ERP) for Businesses

 

Bisnis UMKM di negra-negara anggota ASEAN mengalami pertumbuhan yang pesat hingga 96%, hal tersebut berdasar pada laporan aliansi bisnis US-ASEAN pada tahun 2015. Konsumen UMKM di kawasan Asia Tenggara mencapai 67 juta yang membuat kawasan tersebut menjadi pasar yang paling berpeluang dalam bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tetapi, tahukah kamu bahwa bisnis dapat lebih berkembang maju dan efisien dengan menggunakan teknologi?

Para pebisnis terutama dalam bidang UMKM mulai meninggalkan pembukuan secara manual, mereka mulai dikenalkan dan menggunakan tools dengan solusi Enterprise Resource Planning (ERP). ERP adalah suatu sistem aplikasi pada sebuah platform tertentu yang dijalankan dengan menggunakan data terpusat atau yang biasa disebut client-server, misal melalui browser.  Sistem cloud dari ERP dapat digunakan oleh pelaku UMKM dalam membangun ifrastruktur dan menjaga pelayanan berjalan dengan baik, selain itu ERP memudahkan pelaku UMKM dalam meng-upgrade modul maupun jumlah pengguna. Pay as you use juga dapat diterapkan dalam sistem ERP yang membuat tidak adanya penurunan nilai aset atau layanan dalam UMKM sehingga investasi menjadi lebih efisien.

Solusi cloud ERP memiliki beberapa manfaat, yang paling utama adalah pada efisiensi biaya operasional perusahaan.  Selain itu, solusi cloud ERP memiliki sistem keamanan yang lebih baik. Salah satu marketplace terbesar di Indonesia (Tokopedia) juga menggunakan solusi cloud ERP dalam laporan transaksi online-nya. Cloud ERP juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan setiap saat, sehingga pengelolaan dan pembuatan sistem perusahaan berjalan lebih cepat. Selain itu, penyesuaian sumber daya antara sistem yang dibutuhkan dengan sistem yang digunakan dapat dilakukan oleh pelaku UMKM karena penggunaan solusi cloud ERP dapat disesuaikan dengan apa yang pelaku UMKM gunakan. Tetapi, evaluasi kebutuhan bisnis harus dilakukan lebih cermat oleh pelaku UMKM sebelum memanfaatkan solusi cloud ERP dengan tujuan agar penggunaan solusi cloud ERP menjadikan investasi di bidang teknologi.