Trend Big Data

 

Big Data merupakan salah satu trend saat ini yang di dalamnya mencakup hal-hal yang berhubungan dengan bisnis dan teknologi secara luas. Sebenarnya Big Data sudah ada sejak tahun 2005, hanya saja baru ramai dibahas belakangan ini. O’Relly Media merupakan perusahaan yang memperkenalkan Big Data saat itu. Hal-hal yang menyebabkan Big Data populer yaitu, Big Data lebih fokus pada layanan internet seperti teks, gambar, video dan foto yang digunakan untuk mengolah data, kemudian olahan data tersebut digunakan sebagai bahan untuk promosi dan berjualan secara online.

Kelebihan lain yang menyebabkan Big Data menjadi populer adalah tiga karakteristik yang dimilikinya, antara lain: Volume (penyimpanan data dalam jumlah besar), Velocity (kecepatan dalam akses data), dan Variety (variasi format data). Selain itu, Big Data juga memiliki beberapa manfaat penting dalam berbisnis, diantaranya:
1. Penyimpanan data dalam jumlah besar menggunakan sistem cloud, sehingga lebih hemat dalam hal pembiayaannya.
2. Big Data dapat menganalisis sumber-sumber data dan informasi, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat.
3. Pengukuran kebutuhan dan kepuasan pelanggan dapat dilakukan untuk menciptakan produk dan layanan yang terbaru.

Berdasarkan beberapa manfaat tersebut dapat diketahui bahwa dengan adanya Big Data, para pengusaha dan industri dalam bidang IT dapat menjadikkannya sebagai sebuah solusi dalam identifikasi peluang yang ada sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan pencapaian tujuan perusahaan menjadi lebih mudah.