Marketspace and Marketplace

 

⚛️ Perkembangan teknologi saat ini memudahkan masyarakat dalam melakukan rutinitas sehari- hari. Misal, masyarakat mudah berbelanja dengan memanfaatkan teknologi internet jika mereka sibuk dengan rutinitas lainnya. Proses jual beli dengan memanfaatkan internet disebut juga E-Commerce. Terdapat dua jenis proses jual beli dalam E-Commerce yaitu marketspace dan marketplace.
⚛️ Marketspace merupakan tempat jual beli barang grosir maupun eceran melalui internet atau biasa disebut dengan online shop. Fasilitas perdagangan dalam marketspace hanya dari dua arah yaitu penjual dan pembeli. Konsep kerjanya adalah barang yang diproduksi penjual disediakan dalam marketspace ini yang ditujukan kepada pembeli. Contoh situs E-Commerce dengan marketspace yaitu nokha.co, zoya.co.id, dan lain sebagainya.
⚛️ Marketplace merupakan suatu wadah berkumpulnya para penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli barang-barang produksi dengan menggunakan fasilitas internet. Dengan kata lain marketplace merupakan sebuah situs yang di dalamnya terdapat beberapa penjual, sehingga pembeli dapat memilih barang yang akan mereka beli dari berbagai macam penjual ataupun toko-toko yang ada dalam situs tersebut. Contoh marketplace di Indonesia antara lain Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.
⚛️ Kebijakan ekonomi jilid XIV akan dirilis oleh Presiden Jokowi pada bulan November 2017. Dengan adanya kebijakan ini, maka delapan aspek dalam road map E-Commerce akan ditetapkan. Delapan aspek tersebut antara lain aspek pendanaan, aspek perpajakan, aspek perlindungan konsumen, pendidikan dan SDM, aspek logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan cyber dan pembentukan manajemen pelaksana.