Tip Menggali Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Pada masa kini, bisnis tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang telah memiliki gelar saja. Mahasiswa pun bisa melakukannya, namun terkadang bingung harus mulai dari mana dan bisnis seperti apa yang sebaiknya digeluti. Berikut beberapa tip yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menggali ide bisnis yang unik dan menarik.

Mengenali masalah di sekitar

Sebuah ide bisnis pasti berasal dari adanya masalah yang memerlukan solusi. Karena itu, konsep utama untuk menemukan ide bisnis adalah dengan memperhatikan permasalahan yang sering muncul di sekitar. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa permasalahan tersebut belum banyak atau mungkin belum ada solusinya sama sekali.

Update informasi soal bisnis

Informasi mengenai bisnis atau startup tentu mudah ditemui sehari-hari melalui koran, televisi, dan internet. Selain itu, informasi mengenai kisah sukses tentang bisnis juga bisa didapatkan dengan mengikuti seminar dan workshop. Dengan begitu, semakin banyak informasi yang didapatkan, maka secara tidak langsung akan memacu munculnya ide-ide baru yang unik.

Melihat peluang yang berkembang

Dalam dunia bisnis terdapat istilah yang dikenal dengan first mover dan fast follower. first mover adalah orang yang merintis sebuah bisnis dengan konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Sedangkan fast follower adalah orang yang secara cepat mengadopsi ide atau model bisnis yang sedang tren, kemudian mengembangkan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya menjadi fast follower, namun harus bisa menawarkan solusi dari kelemahan bisnis first mover.

Berawal dari kemampuan dan minat

Jangan takut untuk menunjukkan apa yang menjadi kemampuan terbaik yang dimiliki. Ide bisnis tidak harus bermodalkan kemampuan teknis saja. Apabila memiliki minat di suatu bidang, tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa bisa membangun bisnis yang sesuai dengan minat tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *