Tip Menemukan Passion untuk Membangun Startup

Untuk seorang pelaku startup, passion menjadi bagian dari apa yang ditekuni. Karena itu, jika ingin membangun sebuah startup, maka sesuaikanlah dengan passion yang dimiliki. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui passionnya sendiri. Berikut adalah beberapa tip untuk mengetahui passion yang dapat dilakukan sejak masih duduk di bangku kuliah.

📣 Melakukan hal yang belum pernah dilakukan

Umumnya seorang mahasiswa hanya terlibat dalam kegiatan kampus yang berkaitan dengan jurusan kuliahnya. Namun, akan lebih baik jika mencoba kegiatan lain yang belum pernah dicoba sama sekali. Bukan tidak mungkin, hal baru yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari passion yang dimiliki. Dengan mencoba hal baru, tentu mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan, pengalaman, dan jaringan pertemanan yang luas.

📣 Rajin mencatat

Setelah menemukan hal baru, cobalah untuk mencatatnya. Hal ini dapat berguna ketika sedang mencari ide bisnis yang menarik. Terkadang ide muncul di waktu yang tak terduga. Agar ide tersebut tidak hilang begitu saja, catatlah ide-ide yang terlintas di kepala. Tidak menutup kemungkinan ide tersebut akan berguna untuk startup yang akan dijalankan.

📣 Fokus

Ketika berusaha menemukan passion, cobalah untuk fokus terhadap diri sendiri. Artinya, jangan bandingkan dengan passion orang lain, karena setiap orang memiliki passion yang berbeda. Dengan begitu jika ingin membangun startup, secara konsisten coba fokus untuk mengembangkannya hingga produk selesai dikerjakan.

📣 Memiliki komitmen

Hal yang tidak kalah penting yaitu memiliki komitmen yang kuat dengan passion dan mimpi yang dimiliki. Komitmen harus dibangun sesuai dengan passion, karena membangun startup tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat, sehingga perlu memiliki komitmen yang kuat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *