Ciri Browser yang Terserang Virus

Virus tidak hanya menyerang sistem komputer saja, namun sering kali menyerang berbagai program-program dan juga aplikasi lainnya dalam sebuah komputer, tak terkecuali program web browser. Lalu apa saja cirri-ciri dari browser yang terkena virus? Berikut penjelasannya.

📣 Browser menjadi lambat

Ciri-ciri yang paling umum saat browser terkena virus yaitu browser menjadi lambat ketika akan dijalankan pertama kali. Hal ini disebabkan karena virus membebani direktori dari web browser tersebut, sehingga menyebabkan browser menjadi lambat.

📣 Homepage berganti ke situs lain

Virus di dalam browser dapat menyebabkan halaman awal atau homepage yang ada menjadi berubah. Ini merupakan salah satu pekerjaan dari virus. Di mana virus akan muncul saat user mengunduh konten atau menginstal konten dari situs yang rawan virus.

📣 Muncul banyak tab atau window baru

Ciri lainnya browser yang terkena virus yaitu pada saat membuka suatu browser kemudian user membuka suatu link, maka secara otomatis terbuka tab-tab atau window baru yang sangat banyak dan terkadang sama sekali tidak ada hubungannya dengan link yang akan dibuka.

📣 Terinstal bookmark atau aplikasi tambahan pada toolbar

Toolbar merupakan fitur di mana user bisa menyimpan sebuah link tertentu dalam browser. Biasanya toolbar akan muncul sendiri saat mengkonfigurasi atau menginstal suatu aplikasi. Namun, terkadang ada toolbar asing yang tidak pernah diinstal sebelumnya yang muncul di browser. Hal ini menandakan bahwa adanya virus yang telah menyerang browser tersebut.

📣 Browser sering mengalami malfungsi

Browser yang terkena virus seringkali terjadi malfungsi atau error ketika browser tersebut dijalankan, sehingga file dan sistem tidak dapat berjalan dengan semestinya. Hal ini bisa dilihat dari website-website ringan namun sering kali terjadi malfungsi.

📣 Muncul iklan yang letaknya mengganggu

Saat membuka sebuah website, seringkali terdapat banyak iklan yang letaknya sangat mengganggu, seperti iklan yang menutupi layar dan mengganggu pandangan. Iklan seperti ini bisa saja berasal dari aplikasi advertising tertentu yang secara tidak sadar terinstal pada browser user dan merupakan sebuah virus yang sering disebut dengan istilah AdWare.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *