Strategi Digital Marketing untuk Startup

📍 Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak aspek yang juga ikut berkembang termasuk dunia marketing. Dengan berkembangnya dunia marketing dari tahun ke tahun, banyak produk baru yang dihasilkan dari inovasi-inovasi baru. Dari banyak startup digital yang berdiri belakangan ini, banyak yang mengadopsi digital marketing. Lalu apa saja strategi digital marketing? Berikut penjelasannya.

📍 Email marketing

Tool ini merupakan investasi terbaik yang bisa digunakan untuk meraih kesuksesan dalam digital marketing. Mulai dari welcome email series, penawaran khusus, newsletter, dan semua kegiatan untuk growth dan retention. Menurut DMA, email marketing mempunyai ROI (return of investment) sebesar 122 persen. Kelebihan lainnya yaitu biaya email marketing yang tidak menghabiskan banyak biaya.

📍 Social media marketing

Media sosial merupakan tool yang cukup penting dalam dunia bisnis, karena pemasaran menggunakan media sosial memiliki beberapa keuntungan seperti menciptakan loyal customer, meningkatkan traffic dan exposure yang bagus untuk web, meningkatkan sales, dan dapat mempengaruhi SEO dan hasil search di Google.

📍 Content marketing

Content marketing menjadi suatu keharusan bagi para startup, bukan hanya karena biayanya yang ekonomis, namun juga sifatnya yang dapat bertahan lama. Data membuktikan bahwa sembilan puluh persen B2C marketing menggunakan content marketing dengan sangat gencar. Sedangkan 88 persen dari B2B marketer setuju bahwa content marketing sangat penting dalam suatu usaha.

📍 Influencer marketing

Influencer marketing adalah salah satu cara tercepat untuk menaikkan popularitas sebuah startup, termasuk dengan mempromosikan web atau produk yang dilakukan. Salah satu keuntungan influencer marketing yaitu mudah untuk diterapkan dan merupakan strategi yang ampuh untuk meningkatkan growth.

📍 Google AdWords

Google AdWords ini bisa juga dibilang dengan PPC atau Pay-per-Click marketing. Sebuah metode melalui search engine Google untuk membawa banyak visitor ke suatu website. Keuntungan menggunakan Google AdWords yaitu dapat menjangkau customer yang tepat di waktu yang tepat dengan iklan yang tepat, budget pengeluaran dapat diatur, dan dapat menargetkan hanya khusus untuk orang yang memang sedang mau membeli.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *