Cara Meningkatkan User Engagement pada Website

πŸ”Ž User engagement sangat berpengaruh pada sebuah situs web. Hal ini karena user engagement merupakan salah satu indikator penting untuk menentukan peringkat di mesin pencari. User engagement juga dapat mempengaruhi banyak tidaknya jumlah pengunjung sebuah web. Untuk meningkatkan user engagement, berikut langkah-langkahnya.

πŸ”Ž Mendengarkan audiens

Langkah ini dapat dilakukan dengan mengadakan polling atau survey ke dalam situs web lalu minta waktu dari audiens untuk mengisinya. Setelah itu, data yang sudah didapatkan bisa digunakan untuk mengetahui minat dan kebutuhan pengunjung.

πŸ”Ž Menggunakan desain yang simpel

Untuk mengindari ketidaknyamanan pengunjung situs web, pengelola web harus memperhatikan seluruh elemen agar tetap seimbang dan menarik, khususnya pada sisi desain. Desain yang simpel akan mempertajam fokus dari elemen penting yang ada di website. Selain itu, desain yang minimalis akan mempersingkat waktu muat dari sebuah halaman web.

πŸ”Ž Manfaatkan reward dan insentif

Untuk memancing pengguna agar aktif di web, pengelola web dapat mengadakan giveaway. Misalnya setelah mengisi survey atau data diri, pengunjung mendapatkan e-book gratis dan sebagainya. Dengan cara seperti ini, pengunjung akan lebih aktif untuk berinteraksi di website.

πŸ”Ž Membagi pengetahuan kepada pengunjung

Membagikan pengetahuan kepada pengunjung tidak selalu buruk. Semakin banyak pengetahuan yang dibagikan, semakin banyak pula hal positif yang akan didapat. Salah satunya bisa membuat pengunjung terus kembali ke website untuk berbagi pengetahuan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *