Cara Memeriksa Pihak yang Melacak User Saat Online

šŸ–„ Saat sedang menjelajah internet, seringkali banyak iklan bertebaran yang bisa jadi hal tersebut justru mengganggu. Terkadang iklan tersebut tersimpan lama dalam browser dan tidak mengetahui bagaimana iklan tersebut menempel pada komputer yang digunakan. Bisa jadi iklan tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melacak pengguna komputer saat sedang online. Ada beberapa cara yang digunakan untuk memeriksa siapa yang melacak user saat sedang online, seperti berikut.

šŸ–„ Panopticlick

Situs ini dapat menganalisis pengaturan browser pengguna saat ini termasuk add-on dan ekstensi yang ada. Hal ini untuk mengukur seberapa banyak pelacak yang menempel pada browser pengguna. Cara menggunakannya yaitu dengan mengunjungi situs ini dan menekan tombol Test Me. Tunggu hingga proses analisa selesai.

šŸ–„ Am I Unique?

Situs ini digunakan untuk menganalisa pelacak melalui metode unik sehingga pengguna dapat mengetahui iklan atau cookies apa saja yang telah masuk ke sistem, begitu juga prosesnya. Cara menggunakannya terlebih dahulu pengguna masuk ke situs tersebut, lalu buka tab My Timeline di kolom menu sebelah kiri, terakhir pasang add-on sesuai browser yang dipakai.

šŸ–„ Disconnect

Situs ini memiliki fitur untuk memblokir banyak pelacak yang terdapat di internet sesuai dengan daftar yang tersedia. Meski begitu, pengguna masih diberi pilihan untuk mengizinkan beberapa pelacak. Cara menggunakannya yang pertama masuk ke situs dan menekan tombol Get Disconnect. Setelah aplikasi terpasang lalu buka aplikasi tersebut. Pada panel Drop-down akan menunjukkan kepada pengguna seluruh daftar pelacak yang menempel di browser.

šŸ–„ Lightbeam

Lightbeam dapat melacak pelacak dan ditampilkan dalam bentuk visual yang menarik. Sayangnya lightbeam hanya tersedia untuk firefox. Untuk menggunakannya terlebih dahulu masuk ke situs addons Firefox lalu pasang addon Lightbeam. Selanjutnya buka ekstensi yang telah terpasang dan lakukan scanning browser.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *