Lulusan IT, Perhatikan Hal Berikut Ketika Akan Melamar ke Perusahaan Besar

Sebagian besar orang pasti ingin bekerja di perusahaan besar, terlebih mereka yang baru saja lulus kuliah. Namun beberapa tahun belakangan ini, kebutuhan akan developer semakin tinggi. Banyak perusahaan yang rela membayar mahal, tetapi jumlah developer belum berkembang dengan cepat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan IT, di mana menurut dunia pekerjaan, kualitas dari lulusan IT yang ada sekarang masih jauh dari kebutuhan industri. Karena itu, sebelum mengirim lamaran pekerjaan ke perusahaan-perusahaan besar, perhatikan dulu hal-hal berikut.

Menguasai bahasa pemrograman

Seorang developer diharapkan tidak hanya menguasai satu bahasa pemrograman, namun beberapa bahasa pemrograman. Dari beberapa bahasa pemrograman ini, developer dapat memilih bahasa yang paling efektif untuk sebuah proyek yang spesifik, sehingga akan memudahkan bekerja di perusahaan besar.

Memahami algoritma, struktur data, dan kompleksitas

Algoritma, struktur data, dan kompleksitas merupakan hal penentu untuk merancang software dengan sempurna atau tidak. Algoritma yang sistematis struktur data yang teratur, dan kompleksitas yang akurat akan menghasilkan sebuah produk yang mudah dan nyaman bagi pengguna.

Komunikasi verbal dan non verbal

Komunikasi merupakan kemampuan interpersonal terpenting, baik verbal maupun non verbal. Ketika menggunakan komunikasi verbal, gunakanlah kalimat yang tidak berbelit-belit dan menjaga kontak mata terhadap lawan bicara. Sedangkan saat komunikasi non verbal, gunakan nada bicara yang hangat dan jangan ragu untuk menggunakan bahasa tubuh.

Penyelesaian masalah

Karena kemampuan ini sangat penting dalam dunia kerja, maka identifikasi terlebih dahulu permasalahan yang dihadapi, kemudian mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. setelah solusi diimplementasikan, mintalah feedback dari solusi tersebut.

Pengambilan keputusan

Dalam dunia pekerjaan, pengambilan keputusan merupakan salah satu hal yang penting, meskipun terkadang sulit. Seorang developer akan terus dihadapkan dengan situasi di mana developer harus mengambil keputusan yang akan menentukan hasil akhir sebuah pekerjaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *